CARA MENENTUKAN ARAH UTARA SEJATI (TRUTH NORTH) DENGAN BAYANGAN MATAHARI

Hallo semua,.. Berhubungan dengan postingan saya kemarin tentang Melihat Arah Kiblat Dengan Google Maps kali ini saya akan share cara menentukan arah utara secara geografis, atau bisa juga disebut dengan arah utara sejati (truth north). Mengetahui arah utara yang sejati memang sangat diperlukan untuk menentukan arah kiblat yang akurat dengan bayangan matahari *artikelnya nyusul ya :-D*. lalu kenapa harus arah utara geografis yang menjadi acuan?  karena arah utara kompas bisa berubah-ubah tiap tahun dan kompas sangat dipengaruhi medan magnet sekitarnya (jadi kurang akurat). 

Selain itu juga kutub utara magnet bumi tidak berhimpit dengan kutub utara rotasi bumi. Kutub utara magnet ini dinamis dan bergeser setiap saat. Karena itu, arah utara kompas tidak selalu menunjuk arah utara geografis. Sementara itu arah utara geografis inilah yang dirujuk pada berbagai peta atau perhitungan arah kiblat. Berikut gambaran sederhanya :

cara menentukan arah utara secara geografis, atau bisa juga disebut dengan arah utara sejati (truth north)
Menentukan arah utara sejati
1. Tegakkan tongkat lurus di sebuah permukaan datar. Usahakan agar tongkat yang ditegakkan benar-benar lurus dan permukaan tempatnya ditancapkan benar-benar datar. Cara ini dengan mengandalkan asumsi bahwa matahari bergerak dari timur ke barat (sebenarnya rotasi bumi menuju arah sebaliknya). 

2. Beri tanda pada ujung bayangan tongkat tadi (lihat gambar) lalu tunggu beberapa menit (10-15 menit) dan saat bayangan dari tongkat tadi sudah berubah, beri tanda lagi di ujung bayangan tongkat tadi (lihat gambar).

3. Beri garis lurus antara tanda pertama dengan tanda yang kedua, nah garis ini adalah garis barat ketimur. Tanda 1 adalah barat dan tanda 2 adalah timur (lihat gambar) dengan asumsi bahwa matahari bergerak dari timur ke barat (sebenarnya rotasi bumi menuju arah sebaliknya).

4. Beri garis potong siku pada garis yang menghubungkan tanda 1 dan tanda dua tadi (lihat gambar) dengan begitu sudah bisa diketahui arah utara sejati atau arah utara geografis (truth north)

Mudah bukan caranya,.. Untuk hasil yang lebih akurat bisa dengan meberi tanda awal (1) sebelum tengah hari dan menunggu hingga setelah tengah hari. Setelah tengah hari beri tanda kedua (2). Berikut gambaran sederhananya:


cara menentukan arah utara secara geografis, atau bisa juga disebut dengan arah utara sejati (truth north)
Mnentukan arah utara sejati

Untuk mendapatkan arah utara yang lebih akurat ini caranya kurang lebih sama dengan yang pertama, cuma kalau yang ke dua ini harus menunggu lebih lama, yaitu sekitar 30-60 menit sebelum tengah hari hingga 30-60 menit setelah tengah hari. Semoga bermanfaat, terimakasih.

0 Response to "CARA MENENTUKAN ARAH UTARA SEJATI (TRUTH NORTH) DENGAN BAYANGAN MATAHARI"

Posting Komentar