TIPS SUKSES HADAPI UJIAN NASIONAL

Assalamualaikum,...

Ujian Nasional kerap kali menjadi momok yang menakuktkan bagi para pelajar di Indonesia. Tentu saja karena Ujian Nasional merupakan salah satu faktor penentu kelulusan setelah tiga tahun belajar di bangku sekolah. Sering kali juga hal ini justru membuat para pelajar stres sat menjelang Ujian Nasional, sehingga ketika menjalani Ujian malahan tidak dalam keadaan yang maksimal.

Namun tentu saja bukan perkara mudah untuk menghadapi ujian nasional tahun ajaran 2015, karena pada ujian nasional sekarang paket soalnya menjadi 20 paket berbeda dari tahun sebelumnya yang hanya 5 paket. Dengan kondisi seperti ini, pastilah ada semacam kekhawatiran berlebihan dalam menghadapi Ujian Nasional yang hal tersebut tentunya akan mempengaruhi mental para pelajar. Berikut ini adalah beberapa langkah yang harus diperhatikan untuk sukses menghadapi UN.

Tips sukses lulus ujin nasional 2015
Foto : smpmugagending.blogspot.com

1. Stay Cool (Tetap Tenang)

Jangan pungkiri kalau memang Ujian Nasional adalah salah satu faktor penentu kelulusan setelah tiga tahun belajar di bangku sekolah. Jangan pungkiri juga bahwa memang Ujian Nasional itu adalah sesatu yang cukup mengganggu pikiran. Tapi jangan terlalu di ambil pusing, yakinlah jika kamu sudah melakukan yang terbaik Insya Allah kamu juga akan mendapatkan yang terbaik juga.

2. Buat Jadwal Belajar.

Terkadang hal yang membuat pelajaran sulit masuk ke otak kita meskipun sudah sering belajar adalah kurangnya kedisiplinan dan kekonsistenan. Konsisten belajr di jam-jam tertentu dengan waktu yang sama setiap harinya bisa membuat otak lebih terbiasa dengan materi yang sulit sekali pun. Salah satu waktu yang baik untuk belajar adalah pagi hari bakda subuh, sekitar jam 5 pagi.

3. Pahami SKL dan Kisi-Kisi UN

Ingat waktu kamu tidak banyak lagi. Kurang efektif rasanya jika kamu harus membaca semua buku tebal yang pernah dipelajari dari semester awal pertama masuk ke sekolah sampai akhir semester ini. Fahami saja SKL atau kisi-kisi yang sudah diterbitkan oleh BSNP. Lebih bagus lagi kalau kamu bisa membuat rangkuman materi dari kisi-kisi tersebut. Ya paling tidak kamu bisa foto copy rangkuman milik teman, download dari internet atau membelinya di toko buku.

4. Latihan mengerjakan Soal Ujian 

Mulai sekarang kamu harus mulai terbiasa berkawan dengan soal-soal ujian. Kamu bisa download sebanyak-banyaknya soal dari internet. Atau kalau ingin lebih yakin lagi, kamu bisa belu buku kisi-kisi UN yang disusun sesuai dengan SKL/ kisi-kisi soal UN 2015.

5. Jaga Kesehatan Badan dan Mental

Agar tidak stres, boleh lah sesekali main ke luar atau bermain dengan hobimu selama ini. Karena bermain dengan hobi bisa menyegarkan kembali oatak yang selama ini hanya digunakan untuk mikir dan latihan soal ujian. Dan jaga juga kesehatan tubuh, makan tepat waktu dan jangan terlalu berlebihan. Kalau perlu lakukan puasa, karena puasa bisa membantu berpikir lebih jernih.

6. Berdoa

Jangan pernah remehkan kekuatan doa. Doa adalah salah satu cara manusia berkomunikasi denga Tuhannya. Dengan berdoa manusia bisa menjadi lebih dekat Tuhannya.  Dengan doa pula bisa membuat manusia selalu ingat dengan Tuhannya. Jika kita senantiasa ingat dengan Tuhan, niscaya Tuhan akan ingat pula kepada kita.
7. Persiapkan Semua Sebelum Berangkat Ujian Nasiaonal

Persiapkan semua sebelum berangkat. Persiapkan semua alat tulis seperti pensil, penghapus, rautan, papan alas ujian, dan penggaris bila perlu. Persiapakan juga seragam, seperti baju, celana, ikat pnggang, sepatu dan kaos kaki. dan ingat...!! Mintalah Doa restu kepada orang tua sebelum berangakat.

Dengan tips seperti di atas tentu akan membuat pelajar menjadi lebih siap dalam menghadapi ujian nasional mendatang. Satu hal yang harus kamu ketahui bahwa ujian nasional bukanlah sesuatu yang menakutkan, namun ujian nasional adalah sesuatu hal yang harus dihadapi dengan serius namun santai yang menjadi pintu gerbang kesuksesan Kamu di masa mendatang. Semoga bermanfaat, Terimakasih.

Wassalamualaikum,..

0 Response to "TIPS SUKSES HADAPI UJIAN NASIONAL"

Posting Komentar