Membuat Solder Tenaga USB 5 V

Setelah sekian lama tidak pernah menulis tentang tajuk utama blog ini, akhirnya hari ini, di hari lebaran ke dua tahun 2016 ini saya akan berbagi tutorial cara membuat sendiri benda berguna yang unik tentunya hehe (^_^). Sedikit curhat, sebetulnya, dulu ketika saya membuat blog ini, saya hanya igin menulis tentang tutorial-tutorial DIY, namun karena terbatasnya waktu, akhirnya blog ini ngeluyur sampe kemana-mana hehe.

Baiklah, langsung saja, kali ini saya akan menulis Tutorial Cara Membuat Solder Sendiri dengan Tenaga USB 5v. Yup, jadi hanya dengan USB 5 v kita bis nyolder apapun, karena panas yang dihasilkan pun sangat bagus. Karena menggunakan USB, kita bisa colok dimanapun, bisa di adaptor cas HP, Laptop, atau bahkan Power bank, enak kan...


Cara Membuat Solder Sendiri Dengan USB 5v
Cara Membuat Solder Sendiri Dengan USB 5v (Foto: youtube.com/watch?v=SDYV8-ITBz8)

Bahan yang dibutuhkan adalah:

Cara Membuat Solder Sendiri Dengan USB 5v
Kabel USB bekas (Foto: youtube.com/watch?v=SDYV8-ITBz8)

Cara Membuat Solder Sendiri Dengan USB 5v
Adaptor Cas Smartphone (Foto: youtube.com/watch?v=SDYV8-ITBz8)

Cara Membuat Solder Sendiri Dengan USB 5v
Kayu untuk gagang ((Foto: youtube.com/watch?v=SDYV8-ITBz8)

Cara Membuat Solder Sendiri Dengan USB 5v
Selotip Pembungkus Fiber (Foto: youtube.com/watch?v=SDYV8-ITBz8)

Cara Membuat Solder Sendiri Dengan USB 5v
Kabel Kawat Tembaga 2.5mm (Foto: youtube.com/watch?v=SDYV8-ITBz8)

Cara Membuat Solder Sendiri Dengan USB 5v
Kawat Nikelin 0.1mm (Foto: youtube.com/watch?v=SDYV8-ITBz8)

Cara Membuat Solder sendiri dengan USB 5v:

 
1. Potong kabel kawat tembaga dengan panjang 2 cm.

Cara Membuat Solder Sendiri Dengan USB 5v
(Foto: youtube.com/watch?v=SDYV8-ITBz8)

2. Masukkan (bnungkus) dengan selotip tahan panas fiberglass dengan panjang yang disesuaikan.

Cara Membuat Solder Sendiri Dengan USB 5v
(Foto: youtube.com/watch?v=SDYV8-ITBz8)

3. Lilitkan kabel kawat tembaga biasa seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Solder Sendiri Dengan USB 5v
(Foto: youtube.com/watch?v=SDYV8-ITBz8)

4. Potong kawat nikeling dengan panjang 10 cm.

Cara Membuat Solder Sendiri Dengan USB 5v
(Foto: youtube.com/watch?v=SDYV8-ITBz8)

 5. Lilit dan hubungkan kedua ujung kawat nikelin ke kawat tembaga, lihat gambar dibawah.

Cara Membuat Solder Sendiri Dengan USB 5v
(Foto: youtube.com/watch?v=SDYV8-ITBz8)

7. Bungkus kawat tembaga kecil dengan selotip fiber glass.

Cara Membuat Solder Sendiri Dengan USB 5v
(Foto: youtube.com/watch?v=SDYV8-ITBz8)

8. Sambungkan dengan kabel USB lalu bungkus dnegan selotip bakar.

Cara Membuat Solder Sendiri Dengan USB 5v
(Foto: youtube.com/watch?v=SDYV8-ITBz8)

9. Agar lebih aman, selotip lagi dengan selotip hitam.

Cara Membuat Solder Sendiri Dengan USB 5v
(Foto: youtube.com/watch?v=SDYV8-ITBz8)

10. Masukkan ke dalam kayu pegangan.

Cara Membuat Solder Sendiri Dengan USB 5v
(Foto: youtube.com/watch?v=SDYV8-ITBz8)

11. Lem agar tidak lepas dari pegangan kayu.

Cara Membuat Solder Sendiri Dengan USB 5v
(Foto: youtube.com/watch?v=SDYV8-ITBz8)

Setelah jadi tinggal di coba aja..

Cara Membuat Solder Sendiri Dengan USB 5v
Dicoba dengan tenol biasa (Foto: youtube.com/watch?v=SDYV8-ITBz8)

Cara Membuat Solder Sendiri Dengan USB 5v
Dicoba untuk melepas komponen pada PCB lama (Foto: youtube.com/watch?v=SDYV8-ITBz8)

Cara Membuat Solder Sendiri Dengan USB 5v
Dicoba untuk menyolder kabel ke kit PCB (Foto: youtube.com/watch?v=SDYV8-ITBz8)


Hasilnya pun luar biasa, bahkan sepertinya Solder USB 5v ini lebih "nyus" dari pada solder pabrikan punya saya :o. Namun karena panasnya maksimal dan penahan panasnya hanya selotip fiberglass, jadi kalau dirasa fiberglassnya udah gosong banget, tinggal diganti aja dengan yang baru, hehe, Mudah bukan Cara Membuat Solder Sendiri dengan Tenaga USB 5v ini.. (Sumber: www.youtube.com/watch?v=SDYV8-ITBz8)

5 Responses to "Membuat Solder Tenaga USB 5 V"

  1. كسف صناعة هوت اير يابسط المكونات

    BalasHapus
  2. كيف يمكننى صناعة هوت اير بابسط المكونات

    BalasHapus
    Balasan
    1. يمكنك جعله باستخدام لحام العادية التي تم تعديلها. ربما في وقت لاحق وسوف نشارك كيفية جعل الماء الساخن من اللحيم

      Hapus
  3. saya mencoba mmbuat sndiri kok tdak bsa panas min?
    gmana itu min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perhatiakn beberapa hal berikut:

      1. Pastikan semua sambuangan sudah benar.
      2. Pastikan juga kawat nikelin dengan ukuran 0.1mm dan panjang hanya 10cm
      3. Pastikan juga kabel USB masih dalam keadaan bagus alias tidak putus. Ingat kabel dalam USB yang dipakai adalah yang warna merah dan hitam ya.
      Pastikan juga charger yang dipakai adalah yang 2A (amper)

      Hapus