MEMBUAT PENGECAS (CHARGER) PONSEL NOKIA USB

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Berawal dari beberapa bulan yang lalu, saya sering keluar rumah bersafari untuk mengantarkan kakak saya melakukan penelitian tugas akhir kuliahnya. Saya seringkali kehabisan batre ponsel di jalan, sehingga sangat merepotkan karena kami harus mampir ke rest area, POM bensin, atau bahkan masjid :-D untuk sekedar mengecas ponsel.

Oleh karena itu saya putuskan membeli sebuah Power Bank abal-abal berkapasitas kecil 3000 mAh dengan harga yang sangat murah sekali yaitu cuma Rp. 35000,- haha... Untungnya PB tersebut lumayan awet :-D, namun sayangnya kualitas memang berbanding dengan harganya, kabel pengecasnya rusak :-( jadi apabila stekernya digerak-gerakkan proses pengisian langsung terhenti karena pin kenektor dalam steker yang sudah longgar Alias wis lodho hahahah....  

Dari situ saya teringat sebuah artikel di internet tentang membuat sendiri pengecas ponsel nokia berkonektor USB dari barang-barang bekas. Walaupun sudah banyak tutorialnya di internet saya akan tetap memberikan tutorialnya *maksa mode : ON ahahah :-D, berikut bahan-bahan dan cara membuatnya... :-)


  • Bahan Dan Alat Yang Diperlukan
  1. Pengecas Nokia bekas (walaupun yang saya pakai tidak bekas :-D)
  2. Kebel USB bekas ponsel cina, atau kalau beli paling cuma 10rb
  3. Solder dan tenolnya
  4. Cutter alias pemes
  5. Lem super (saya pakai lem ALCERET *nama disamarkan :-p)
  6. Dan gunting
Atau bisa dilihat pada gambar berikut,,


  • Cara Membuat
1. Pertama-tama ambil atau potong dengan gunting kabel pengecas

2. Ambil steker male USB 2.0 dari kabel data, lakukan pelan-pelan dan hati-hati, jangan sampai merusak casing konektor *karet hitam pembungkus steker male, karena akan kita pakai lagi nanti.


Sehingga didapat hasil seperti ini

3. Sebelum disolder, terlebih dulu cocokkan dulu plus minusnya sesuai dengan gambar di               bawah ini
Solder kabel pada pin + (1) dan - (4)
 untuk mengetahui kabel mana yang + dan mana yang - bisa dengan cara colokkan steker male  USB pada female USB manapun, bisa dari adapternya langsung, Power bank, atau Laptop,,    dalam hal ini saya memakai USB female pada adapter yang saya modifikasi sedemikian rupa  dari kepala pengecas Nokia untuk mencobanya, colokkan steker pengecas pada ponsel,  lalu  tempelkan ujung kabel pengecas tadi pada pin steker male USB,  jika ada pengatan  "Sedang  mengisi pada ponsel, maka pin + dan - sudah tepat, bisa dilihat pada gambar dibawah.
 Setelah mengetahui mana yang + dan mana yang -, solder ujung kabel pengecas pada pin male  USB
4. Pasang kembali karet pembungkus konektor USB male, kemudial lem dengan mengunakan lem super agar tidak lepas

Hasilnya akan seperti ini

5. Langkah terakhir tinggal coba apakah kabel pengecas ini berfungsi atau tidak

Dan Alhamulillah berhasil... :-)

Keuntungan memakai kabel pengecas ini bila dibandingkan dengan kabel yang bisa dibeli dari konter-konter, yaitu steker pengecas yang lebih berkualitas dan tidak mudah terputus apabila digerak-gerakkan. karena steker yang digunakan adalah steker dari pengecas original, bukan abal-abal :-D

Selain itu, karena kabel pengecas ini memiliki steker USB 2.0 jadi selain saya bisa mengecas ponsel pada power bank, saya juga bisa mengecas pada perangkat apapun yamg memiliki fitur USB 2.0, seperti PC, Televisi, perangkat sound System pada mobil, dan banyak lagi, bahkan bisa digunakan pada Ponsel yang sudah mendukung fitur USB OTG :-)

Demikian yang bisa saya tulis di sini, maaf jika tulisan saya masih berantakan karena ini adalah postingan pertama saya, dan bila ada yang masih membingungkan silakan tanyakan pada komentar,,, ;-)

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

3 Responses to "MEMBUAT PENGECAS (CHARGER) PONSEL NOKIA USB"

  1. Mantap om :D ,tapi saya belum coba, apakah bisa di ponsel SEZO?

    BalasHapus
  2. Bisa banget bung Ary,,, Ini saya juga pakai untuk Sezo

    BalasHapus