Cara Mengaktifkan Windows Photo Viewer di Windows 10

Seperti yang telah diketahui, munculnya sistem operasi Windows 10 ke ranah publik cukup membawa perubahan besar-besaran dari berbagai sisi. Salah satu perubahan tersebut adalah adanya aplikas bawaan Windows 10 yang disebut Modern App. Sebut saja aplikasi Photos, Movies & TV, Camera, Groove Music dan lain sebagainya.

Namun, ternyata perubahan itu tidak selalu membawa kesenangan bagi penggunanya. Salah satu yang cukup disayangkan oleh pengguna Window 10 adalah telah dinonaktfkannya aplikasi penampil foto yang sudah cukup mendarah daging bagi para pengguna windows sejak lama, yaitu Windows Photo Viewer.


Windows Photo Viewer

Memang dengan aplikasi Photos kita sudah bisa membuka banyak format foto mulai dari jpeg sampai gif. Namun tampaknya hal ini bukanlah sebuah jawaban bagi para pengguna lama windows 10 ini. Seperti halnya saya sendiri juga lebih suka menggunakan windows photo viewer ketimbang sang adik Photos. Alasannya sederhana, karena Windows Photo Viewer lebih dulu mendarah daging bagi mata saya hehe (^_^)

Nah, bagi kamu yang merasakan hal yang sama, bisa ikuti langkah berikut atau Cara Mengaktifkan Windows Photo Viewer di Windows 10 ini. Langkahnya pun cukup sederhana, cukup main di regedit sedikit. 

Pertama, buka REGEDIT dan temukan pengaturan Windows Photo Viewer dengan mengikuti jalur seperti di bawah ini,
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\WindowsPhotoViewer\Capabilities\FileAssociations
Kira-kira seperti ini.

Registry Windows Photo Viewer

Kemudian, buat sebuah STRING VALUE dengan cara klik kanan >> New >> String Value.

Buat String Value Baru

Misalnya kita akan menggunakan Windows Photo Viewer sebagai penampil file .png. Jadi untuk Value name isi dengan .png sementara untuk Value data isi dengan PhotoViewer.FileAssoc.Tiff.

Valu Name Windows Photo Viewer

Jika sudah benar, klik OK dan Sekarang coba klik kanan pada foto dengan format .png, pasti pilihan buka dengan Windows Photo Viewer (Penampil foto Windows) telah tersedia lagi.

Windows Photo Viewer Sudah muncul kembali


Mudah banget kan Cara Mengaktifkan Windows Photo Viewer di Windows 10 ini, dengan begini kamu sudah bisa lagi untuk membuka foto dengan Windows Photo Viewer lagi. Nah, sebgai tambahan, berikut ini tabel format foto yang bisa kamu tambahkan di Registry.

Value nameValue data
.bmpPhotoViewer.FileAssoc.Tiff
.dibPhotoViewer.FileAssoc.Tiff
.gifPhotoViewer.FileAssoc.Tiff
.jfifPhotoViewer.FileAssoc.Tiff
.jpePhotoViewer.FileAssoc.Tiff
.jpegPhotoViewer.FileAssoc.Tiff
.jpgPhotoViewer.FileAssoc.Tiff
.jxrPhotoViewer.FileAssoc.Tiff
.pngPhotoViewer.FileAssoc.Tiff

Semoga bermanfaat, terimakasih.

0 Response to "Cara Mengaktifkan Windows Photo Viewer di Windows 10"

Posting Komentar