Manfaat Buah Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Dan Untuk Mengatasi Jerawat

Sudah sejak dulu kala masyarakat kita menggunakan  Manfaat dari Buah Belimbing Wuluh. Belimbing wuluh bukan merupakan belimbing buah yang masih muda, melainkan belimbing wuluh termasuk jenis varietas berbeda dari buah belimbing. Maka dari itu, belimbing tidak besar seperti buah belimbing, besarnya hanya sekitar ibu jari orang dewasa. Rasanya yang masam juga tidak sama seperti rasa belimbing buah. Pemanfaatannya sendiri juga berbagai macam. Dari digunakan sebagai sayur, Buah belimbing wuluh juga digunakan sebagai obat batuk alami.

Buah yang memiliki nama latin Averrhoa bilimbi L. ini banyak ditemukan di halaman-halaman rumah masyarakat kita sebagai pagar atau pengadem di depan rumah. Ternyata selain pohonnya yang berguna sebagai pengadem di halaman rumah,  Buah Belimbing Wuluh juga bermanfaat Untuk Kesehatan Dan Untuk Mengatasi Jerawat.

Manfaat Buah Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Dan Untuk Mengatasi Jerawat
Manfaat Belimbing Wuluh (Foto: pehtem.com)

Berikut ini beberapa Manfaat dari Buah Belimbing Wuluh :


1. Belimbing Wuluh Sebagai Obat Batuk untuk Anak


Khasiat belimbing wuluh sebagai obat batuk memang tidak perlu diragukan lagi. Nenek moyang kita kerap menggunakannya sebagai obat batuk anak. Bahan yang diperlukan adalah 1 genggam daun belimbing wuluh, beberapa butir adas, gula secukupnya dan 1 gelas air. Setelah dicuci bersih semua bahan ditim selama kurang lebih satu jam. Saring airnya dan minum 2 kali sehari sewaktu perut kosong.


Baca juga : Mengatasi Kulit Berminyak Dengan Alami



2. Obat Sariawan Tradisional


Banyaknya kandungan vitamin C pada Buah belimbing wuluh sayur ini juga sering digunakan sebagai obat sariawan. Caranya, sediakan bahan-bahannya berupa 3 buah belimbing wuluh, 3 butir bawang merah, 1 buah pala yang muda, 10 lembar daun seriawan, 3/4 sendok teh adas dan 3/4 jari pulosari. Semua bahan ditumbuk hingga halus dan campurkan dengan 3 sendok makan minyak kelapa. Saring airnya dan oleskan pada bagian mulut yang luka akibat sariawan.


3. Obat Sakit Gigi Tradisional


Untuk membuat obat sakit gigi tradisional caranya sangat mudah. Ambil beberapa buah belimbing wuluh lalu cuci hingga bersih. Kunyah buah belimbing wuluh tersebut bersama dengan garam secukupnya. Lakukan berulangkali hingga rasa sakit pada gigi hilang dengan sendirinya.


Baca juga : Manfaat Yoghurt Heavenly Blush Untuk Kesehatan Ibu Hamil



4. Mengobati Panu


Meski tidak mematikan, panu merupakan penyakit yang memalukan. Karena kulit yang terkena panu akan belang putih seperti zebra. Namun kamu tidak perlu khawatir jika terkena panu karena bisa diatasi dengan ramuan berikut ini:

Tumbuk hingga halus 10 buah belimbing wuluh dan kapur sirih sebesar biji asam jawa. Aduk hingga tercampur rata. Ramuan tersebut dipakai untuk menggosok bagian tubuh yang terkena panu. Lakukan secara rutin 2 kali sehari dan lihat hasilnya.


5. Belimbing Wuluh Sebagai Obat Jerawat Tradisional


Selain bisa mengobati sariawan, belimbing asam ini juga dikenal sebagai obat jerawat yang ampuh. Caranya, sediakan 6 buah belimbing wuluh dan 1/2 sendok teh bubuk belerang. Giling hingga halus kemudian campurkan dengan 2 sendok makan air jeruk nipis. Oleskan ramuan tadi pada wajah yang berjerawat. Lakuakn secara rutin 2 sampai 3 kali sehari.


Baca juga : Cara Ampuh Hilangkan Lingkaran Hitam Di Bawah Mata


Belimbing wuluh merupakan salah bentuk satu dari banyak kasih sayang Tuhan yang terhingga jumlahnya ynag ada di sekitar kita. Manfaat Buah Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Dan Untuk Mengatasi Jerawat sudah digunakan oleh leluhir kita sejak puluhan generasi sebelum kita. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "Manfaat Buah Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan Dan Untuk Mengatasi Jerawat"

Posting Komentar