Sego Pecel Gambringan, Kuliner Asli Khas Purwodadi Grobogan

Telah lama nasi pecel dikenal oleh sebagian besar warga Indonesia. Di Indonesia sendiri ada banyak ragam pecel yang juga merupakan ciri dari setiap daerah. Mulai dari pecel cikra-cikri khas dari kebumen, pecel kembang kecombrang dari Banyumas, pecel kembang turi Jogja, sampai pecel Gambrengan dari Purwodadi Grobogan Jawa Tengah. 

Pecel Gambrengan atau lebih dikenal dengan Sego Pecel Gambringan yang juga merupakan Nasi Pecel Enak ini biasa disingkat SPG, sebenarnya tak ada bedanya denga pecel biasa yang mungkin juga ditemui di daerah-daerah lain di Indonesia. Terdiri dari nasi putih hangat yang diberi berbagai sayuran yang umumnya terdiri dari daun bayam atau kangkung, kacang panjang, kol, dan tauge (kecambah) kemudian disiram dengan bumbu kacang dan ditemani peyek kacang yang lebar.


makanan kuliner khas purwodadi
Sego Pecel Gambringan (Foto: @grobogan_corner)

Sego pecel gambringan dulunya hanya dijual di stasiun gambringan. Bahkan sejak tahun 1940an sudah ada penjual sego pecel ini. Mereka berjualan di emperan stasiun dan di dalam kereta yang berhenti di stasiun gambringan. Banyak juga penjual pecel gendong dari gambringan ini yang menjual pecelnya sampai ke stasiun bojonegoro bahkan juga sampai ke stasiun poncol di semarang. 
Namun sejak pedagang asongan dan sebangsannya dilarang naik ke kereta, maka pedagang sego pecel gambringan pun mulai kehilangan mata pencaharian. Kondisi hilangnya pedagan Sego Pecel Gambringan ini diperparah lagi sejak stasiun gambringan tidak lagi dijadikan tempat pemberhentian kereta penumpang. Jadilah stasiun gambringan semakin sepi dan penjual Sego Pecel Gambringan sudah tidak ada lagi.

Namun, bagi yang kebetulan melintas di kota Purwodadi Grobogan dan ingin mecicipi salah satu kuliner khas purwodadi grobogan Sego Pecel Gambringan ini jangan khawatir, meskipun di Stasiun Gambrengan sendiri sudah tidak ada yang berjualan, namun di tempat-tempat lain di kota purwodadi sekarang banyak yang menjual Sego Pecel Purwodadi. 
makanan kuliner khas purwodadi
Warung SPG sego pecel gambringan Pak Puji Pujapura Purwodadi (Foto: groboganonline.com)
Salah satu tempat yang menjual Sego Pecel Enak Purwodadi adalah warung Pak Puji yang bertempat di Jl Puja Pura Purwodadi. Seberang RS Yakum Purwodadi. Pak Puji sendiri dulunya berjualan keliling purwodadi mulai jam 3 pagi berangkat dari desa Depok, Toroh Purwodadi. Pak Puji juga mengklaim bahwa dialah yang pertama mencetuskan istilah SPG “Sego Pecel Gambringan”.
Warung Sego Pecel Gambringan SPG Pak Puji ini mulai buka pada sore hari sekitar jam 5 dan tutup pada sekitar jam 9 malam. Selain Sego Pecel Gambringan, ada juga makanan khas Purwodadi Grobogan yang lain yang mungkin kamu juga ingin mencicipinya, termasuk tempat wisata Danau Resto Purwodadi yang juga menarik untuk dikunjungi. Semoga bermanfaat, terimakasih.

0 Response to "Sego Pecel Gambringan, Kuliner Asli Khas Purwodadi Grobogan"

Posting Komentar