MAKANAN KHAS DARI PURWODADI GROBOGAN JAWA TENGAH

Purwodadi adalah kota kabupaten yang berada di jawa tengah dan berbatasan langsung dengan Kudus, Blora, Seragen dan Demak. Nama dari kabupaten ini sebenarnya adalah Grobogan, namun karena nama ibukotanya adalah Purwodadi membuat nama Purwodadi lebih dikenal dari pada Grobogan. Kota kecil yang "kurang" ternama di Nusantara ini sebenarnya lumayan juga. Lumayan banyak juga wisata alam yang sebenarnya sangat luar biasa namun sayang kurang terawat sehingga membuat namanya semakin tenggelam.

Sebut saja Bledug Kuwu, Api Abadi Mrapen,  dan Air Terjun Widuri dan masih banyak lagi. Selain wisata alam Purwodadi juga punya wisata kuliner yang rasanya maknyus punya. Mungkin di luar sana jika mendengar kuliner Purwodadi pasti langsung terbesit kata Swike. Makanan olahan dari katak ini memang sudah terkenal di mana-mana bahkan mengalahkan nama kota itu sendiri.

Baca juga: Taman Hijau Kota Purwodadi, Keren juga!

Namun di balik dari kelezatan swike, terdapat satu masalah yang berhubungan dengan kehalalan. Ya, katak bahan utama pembuat swike menurut fiqih adalah haram, karena hidup di dua dunia. Terlepas soal haram-halalnya katak swike saya tetap tidak doyan, ngelihat katak hidup aja ngeri, apalagi sampe makan.. Hiii ngeri cuy....

makanan halal khas Purwodadi Grobogan Jateng
Sego Pecel Gambrengan (SPG) / Foto : grobogan.org

Nah, selain Swike Purwodadi juga punya kuliner khas yang Halal tentunya. Jadi tetep aman buat di makan dan tetep aman buat di "next life" :-D.

Berikut ini adalah makanan halal khas Purwodadi Grobogan Jateng, monggo dilanjut...

1. Nasi Pecel

makanan halal khas Purwodadi Grobogan Jateng
Sego Pecel Gambrengan (SPG) / Foto : grobogan.org
Makanan yang satu ini memang bukan hanya terdapat di Purwodadi, tapi pecel dari Purwodadi memiliki berbedaan dari sayurannya. Pecel Purwodadi biasanya terdiri dari Kangkung, bayam, kacang panjang, kecambah dan disiram dengan sambal kacang. Nasi pecel sangat mudah ditemukan di hampir semua tempat di Purwodadi, bahkan menjadi menu utama di banyak rumah makan.
2. Sayur Becek

makanan halal khas Purwodadi Grobogan Jateng
Sayur Becek / Foto : grobogan.org
Makanan yang satu ini juga sangat mudah di dapatkan di berbagai rumah makan di Purwodadi. kuliner dengan bahan utama dari tulang iga sapi atau disebut juga balungan, ( Balung merupakan kata dalam bahasa jawa yang artinya tulang ) tulang iga sapi yang masih terdapat daging yang menempel, yang dimasak sayur dengan bumbu rempah-rempah dan ditambah dengan daun kedondong. Rasanya pedas-pedas asem maknyus dah...
3. Nasi Jagung dan Sambel Gereh

makanan halal khas Purwodadi Grobogan Jateng
Nasi Jagung / Foto : ambarwatimove92.blogspot.com
Makanan yang terbuat dari jagung sebagai bahan dasarnya ini juga sangat mudah ditemukan diberbagai tempat di Purwodadi. Jagung yang digunakan dalam membuat nasi jagung adalah jagung yang sudah tua atau dikenal dengan istilah jagung pipil. Nasi jagung ini biasanya menggunakan lauk (lawuh) Sambel Gereh (ikan asin). Gereh yang ditumis bersamaan dengan potongan cabe merah dan cabe hijau ini akan semakin menambah kenikmatan nasi jagung.
Baca juga: Lokasi Taman Hijau Kota Purwodadi

Jadi, monggo saudara-saudara., bila sedang bertepatan datang atau melintas di Purwodadi cicipi makanan halal khas purwodadi jateng ini. Pokoke Maknyus...

0 Response to "MAKANAN KHAS DARI PURWODADI GROBOGAN JAWA TENGAH"

Posting Komentar