Cara Menghilangkan Virus Shortcut Flashdisk Tanpa Software

Sebenarnya sudah sejak dulu banget yang namanya virus shortcut di flashdisk mengganggu peguna komputer di dunia ini. Saya masih ingat, waktu masih zaman kecil dulu setiap datang ke warnet untuk mengerjakan tugas sekolah mulai dari kliping hinga buat sinopsis, selalu saja flashdisk saya terjangkit virus menyebalkan ini yang membuat flashdisk penuh dengan shortcut.

Sejatinya, virus shortcut yang sering menyerang flashdisk ini muncul dikarenakan Flashdisk terinfeksi oleh virus yang didatangkan dari media lainnya (bisa jadi komputer itu sendiri). Selain itu, bisa juga komputer yang awalnya bersih dari virus, namun karena ditancapkan dengan Flashdisk yang terkontaminasi oleh virus ini jadi ikut terinfeksi :(.


Cara Menghilangkan Virus Shortcut Flashdisk Tanpa Software
Virus Shortcut

Sebenarnya tidaklah terlalu sulit untuk menghilangkan virus  shortcut ini (tergantung sejauh mana virus ini menyebar). Hanya saja, terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan scanning virus. Sekarang saya ingin membagikan tips cara menghilangkan virus shortcut di Flashdisk tanpa Software atau Antivirus.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk Tanpa Antivirus


1. Yang pertama kali dilakukan tentu saja adalah mencolokkan Flashdisk ke komputer atau laptop.
2. Lalu yang kedua adalah membuka menu Folder Options pada windows xplorer. Pada Windows 8.1 caranya adalah dengan cara klik "View" pada topbar lalu klik "Options" setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini.


3. Aktifkan "Show hidden files, folders, and drives" lalu unchecklist (buang centang) pada "Hide protected operating system files (Recommended)". Jika muncul peringatan seperti di bawah ini, Klik "Yes".


4. Biasanya sampai di sini folder yang disembunyikan oleh virus tadi sudah muncul kembali. Namun masih belum spenuhnya, atau masih berstatus semi-hidden.
5. Untuk menormalkan folder ini kembali, silahkan buka CMD (Command Prompt). Setelah terbuka, ketik lokasi dimana Flashdisk berada, misal: Drive J, berarti ketik J:
6. Selanjutnya, ketikan attrib -s -r -j /s /d di CMD, seperti gambar di bawah. Kemudian tekan Enter.


7. Tahap terakhir cek Flashdisk kamu, apakah semua folder sudah kembali normal lagi. Jika sudah, silahkan hapus folder yang menurut kamu aneh atau tidak jelas.

Baca juga: Cara Mengatur Batas Limit Batre Laptop

Sebenarnya, cara di atas hanya berlaku untuk mengembalikan folder yang disembunyikan oleh virus shortcut dan menghilangkan virus shortcut hanya untuk sementara. Jika Flashdisk kembali dicolokan ke komputer yang terinfeksi virus shortcut, bisa jadi hal serupa akan terjadi lagi, alias flashdisk tadi terkena virus Shortcut tadi. "Jadi apa cara di atas sia-sia??" gak juga, asalkan jangan colok Flashdisk ke Komputer yang terjangkit flashdisk akan tetap aman (^_^) hehe.

Tentu saja cara paling ampuh mengatasi Virus shortcut ini adalah dengan menggunakan Antivirus tentunua. Banyak sekali antivirus yang tersedia di dunia ini, mulai dari yang gratisan sampai yang berbayar. Kalau saya sendiri lebih suka menggunkan antivirus lokal sejuta umat SmadAV versi gratisan, hehe. Semoga bermanfaat, terimakasih.

0 Response to "Cara Menghilangkan Virus Shortcut Flashdisk Tanpa Software"

Posting Komentar