Cara Membuat Alat Pirografi Sederhana Sendiri

Sudah beberapa hari saya rehat menulis blog, bukan karena apa-apa, hanya karena kuota yang habis, heheh. Kali ini saya akn menulis tentang Cara Membuat Alat Pirografi Sederhana Sendiri, Namun sebelumnya apa itu Pirografi?? Pirografi adalah seni melukis yang menggunakan alat bakar untuk menggambar di sebuah media yang biasanya kayu.

Pirografi Tool Buatan Sendiri ini juga sangat mudah dibuat karena hanya dibuat dari bahan yang sangat mudah didapatkan. Alat Pirografi Buatan sendiri dari USB ini juga lebih mudah digunakan di mana saja karena bisa dioperasikan dengan Power Bank Yang Dibuat Dari Baterai Bekas Laptop, atau dari USB Laptop itu sendiri.

Update 29 November 2017:

Karena banyak yang bertanya di kolom komentar "kenapa alat pirografi dari USB tidak bisa panas?" jadi akan saya tambah penjelasannya sedikit di sini. Sebenarnya cara kerjanya sederhana, yakni hanya mengkorsletkan antara listrik plus dan minus dari charger smartphone yang disambungkan pada jarum suntik. Karena terjadi korsleting listrik, maka menimbulkan panas pada ujungnya.

Dan untuk membuat alat pirografi dari USB ini juga menggunakan charger smartphone atau power bank 2 amper. Bagi yang sudah mencoba namun tidak terjai apa-apa atau tidak ada panas pada ujung jarum suntik, silakan coba periksa kembali apakah semua kabel sudah tersambung dengan benar? dan apakah sudah menggunakan USB charger smartphone yang sudah 2 amper?

Oh ya, untuk kabel dari USB yang dipakai adalah yang berwarna merah dan hitam ya, karena ke dua kabel ini lah yang mengalirkan aliran listrik plus dan minus. Terimakasih. 


Alat Pirografi Sederhana Sendiri Dari USB
Alat Pirografi Dari USB (Foto: youtube.com/romanursu)

1. Untuk membuat Alat Pirografi Sederhana Dari USB ini yang perlu disiapkan pertama adalah dua pucuk jarum suntik.

Alat Pirografi Sederhana Sendiri Dari USB
Alat Pirografi Sederhana Sendiri Dari USB
(Foto: youtube.com/romanursu)

2. Tali kedua jarum tersebut pada sumpit yang telah dipotong pendek menggunakan benang.

Alat Pirografi Sederhana Sendiri Dari USB
Alat Pirografi Sederhana Sendiri Dari USB
(Foto: youtube.com/romanursu)

3. Bengkokkan salah satu jarum agar bersentuhan dengan jarum lainnya. Hal ini bermaksud agar listrik akan short dan terjadi panas pada ujung alat pirografi dari USB ini.

Alat Pirografi Sederhana Sendiri Dari USB
Alat Pirografi Sederhana Sendiri Dari USB
(Foto: youtube.com/romanursu)

4. Solder pangkal jarum suntik tadi dengan kabel USB. Agar tenol mau nempel pada pangkal jarum, gunakan gondorukem atau pasta selder.

Alat Pirografi Sederhana Sendiri Dari USB
Alat Pirografi Sederhana Sendiri Dari USB
(Foto: youtube.com/romanursu)

5. Lilitkan kembali benang pada sisa jarum suntik yang masih terlihat hingga semua bagian tertutupi, selanjutnya agar lilitan benang lebih kuat, oleskan lem super pada benang dan terakhir bungus dengan solasi bakar.

Alat Pirografi Sederhana Sendiri Dari USB
Alat Pirografi Sederhana Sendiri Dari USB
Alat Pirografi Sederhana Sendiri Dari USB
Alat Pirografi Sederhana Sendiri Dari USB
Alat Pirografi Sederhana Sendiri Dari USB
(Foto: youtube.com/romanursu)

6. Jadi deh Alat Pirografi Sederhana Sendiri ini

Alat Pirografi Sederhana Sendiri Dari USB
(Foto: youtube.com/romanursu)
Sekarang kamu bisa menggunkan Alat Pirografi Sederhana Sendiri Dari USB ini untuk latihan melukis pada media kayu. Kamu juga bisa menggukan Alat Pirografi Sederhana Sendiri ini untuk project sekolah atau project tugas dari dosen atau guru kamu. Kalau masih ada yang belum dimengerti silakan tanya melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat, terimakasih.(Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=-hGObI60hsY)

14 Responses to "Cara Membuat Alat Pirografi Sederhana Sendiri"

  1. gan,,,,emang itu nanti ga konslet ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tujuannya memang mengkonsletkannya gan, agar nantinya timbul panas pada ujung jarum dan bisa menjadi alat tulis bara api listrik.

      Hapus
  2. itu mnggunakan kabel apa?klo mmang kbel usb dan port.a itu kan listrik kering jadi mana mungkin bisa menimbulkan efek percikkan api/korsleting tlong pnjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupz, betul itu menggunakan kabel USB biasa yang kamu pakai untuk charger HP itu,

      Listrik kering?? maaf saya baru dengar ada istilah itu. Sebenarnya cara kerjanya sederhana, yakni hanya mengkorsletkan antara listrik plus dan minus dari charger smartphone yang disambungkan pada jarum suntik. Karena terjadi korsleting listrik, maka menimbulkan panas pada ujungnya.

      Hapus
  3. Saya uda coba smua yg agan suruh tp koq gak panas juga ya?padahal saya pake adaptor input 230v output 9v
    Mohon pencerahan nya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adaptor input 230v dan output 9v? pastikan lebih dulu adaptor yang agan pakai mengeluarkan arus berapa amper??

      Karena meskipun tegangannya 9v namun kalau arusnya hanya 400mA itu tidak cukup untuk menghasilkan panas yang cukup, karena dengan arus sekecil itu daya atau watt yang dikeluarkan hanya kecil.

      Saya rekomendasikan pakai Kepala charger USB yang sudah 2A (amper) saja. Karena meski output hanya 5v saja, tapi daya yang dikeluarkan jauh lebih besar karena arusnya juga besar.

      Hapus
  4. Maaf gan, saya Sudah coba dgn charger 5V 3,4A kok ttp gk bisa pns ,cuma anget doank, apa yg slh ya, mohon pencerahannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan charger yang agan pakai tidak real currentcy, seharusnya walau hanya menggunakan charger yang 2 amper saja sudah cukup untuk membuat mata alat lukis bara api seperti ini.

      Hmm,.. kalau agan masih mau coba, bisa coba dengan menggunakan baterai bekas laptop 18650 yang real, In Syaa Allah bisa gan. Terimakasih

      Hapus
  5. Kalau gak ada jarum suntik ,pake jarum jahit bisa gak min.trma ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya sih bisa juga, silakan dicoba dulu kak

      Hapus
  6. Intinya bikin konslet arus DC gitu min ?

    BalasHapus
  7. Kenapa gan saya berulang x bikin cm anget ga keluar bara pa yg slah pdhal kuikuti intruksi video gambar tetep aja preeeet tlong pjlsannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan pakai charger yang minimal 2 amper ya, dan pastikan juga pakai jarum suntik, dan kedua ujung jarum tersebut harus nempel loh

      Hapus