Mengatasi Notebook/Laptop Samsung Tidak Bisa Masuk Bios

Hari minggu kemarin terpaksa saya instal ulang Laptop kesayangan saya ini karena terserang virus Sality yang menjangkit windows32. Sebelumnya berbagai cara untuk mengatasi virus sality sudah saya lakukan, salah satunya dengan Sality Killer, namun virus itu enggan pergi dari laptop saya. Hingga akhirnya saya harus instal ulang laptop kesayangan saya ini.

Ternyata masalah tak berakhir disitu saja, saat saya akan menginstal laptop dengan flashdisk,  laptop saya tidak bisa masuk ke bios. Saya tidak tahu penyeb kenapa laptop saya tidak mau masuk ke bios. Sebelum-sebelumnya, kalau mau masuk ke bios, saat akan booting tinggal tekan F2 saja laptop akan masuk ke Bios, tapi kali itu sangat sulit untuk masuk bios, selalu saja keduluan booting windows. 


Tidak Bisa Masuk Bios Samsung (Foto: canne.wordpress.com)

Saya sempat bingung dan sedikit frustasi, karena keesokan harinya ada deadline yang harus saya selesaikan dengan laptop saya ini. Setelah googling sana-sini, akhirnya saya mendapat obatnya dari salah satu blog yang saya temui. Ternyata cara masuk bios Laptop samsung ini pun cukup mudah, hanya cukup melakukan step-step dibawah ini.

Berikut cara masuk Bios Notebook/Laptop Samsung yang Tidak Bisa Masuk Bios
 
1. Matikan laptop dengan cara langsung tekan power
2. Nyalakan laptop tekan power, setelah lampu nyala secepatnya tekan tombol Fn+F2 bersamaan dan tahan.
3. Layar notebook akan blank gelap meskipun power menyala. (jangan cemas)
4. Matikan laptop dengan cara tekan power
5. Hidupkan laptop tekan power setelah lampu nyala secepatnya Tekan F2

Alhamdulillah, dengan tips dan trik cara masuk Bios Notebook/Laptop Samsung yang Tidak Bisa Masuk Bios di atas, laptop saya pun bisa masuk ke bios dan saya bisa instal ulang laptop saya ini. Laptop saya masuk dalam 3 series, Lengkapnya NP300e4z-t02id. Semoga bermanfaat, terimakasih.

3 Responses to "Mengatasi Notebook/Laptop Samsung Tidak Bisa Masuk Bios"

  1. saya punya koq ga bisa ya om.? laptop saya samsung 300e ga bisa masuk bios.. uda pake cara gini ttp ga bisa.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kok gak bisa ya, coba matikan laptop lalu cabut baterai, setelah itu lanjutkan ke langkah no. 2.

      Hapus