Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Pencernaan

Buah-buahan tidak akan terlepas dari menu wajib sebagai pendamping makanan utama yang membuat badan terasa bugar dan sehat. Selain mengkonsumsi sayur, daging, susu, hingga karbohidrat, buah merupakan bagian dari makanan 4 sehat 5 sempurna yang kaya manfaat untuk tubuh. Buah memiliki rasa dan aroma yang alami. Degan Rajin mengkonsumsinya membuat pencernaan menjadi lancar dan juga membantu metabolisme dalam tubuh lancar. Seperti Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Pencernaan yang akan berguna bagi orang yang mengalami gangguan pencernaan.
Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Pencernaan
Buah Pepaya (Foto: infomedan.net)

Saat ini Manfaat buah pepaya lebih dikenal sebagai obat bagi orang yang susah buang air besar. Itu memang benar, karena ternyata buah pepaya memiliki banyak kandunganyang sangat baik untuk dikonsumsi, seperti  kaya akan serat, Kalsium, Vitamin C, Vitamin A, Vitamin B, Fosfor, Zat Besi, yang aman dikonsumsi untuk anak-anak sekalipun.

Baca juga : Manfaat Daun Pepaya Untuk Menghilangkan Jerawat



Cara Membuat Jus Buah Pepaya Yang Bermanfaat Untuk Memperlancar Buang Air Besar:


  • Kupas kulit pepaya secara perlahan-lahan, karena jika melakukan pengupasan yang terburu-buru, daging buah pepaya akan ikut ke kulit pepaya yang sudah dikupas, sangat disayangkan membuang daging pepaya secara sengaja maupun tidak sengaja mengingat pepaya memiliki bermacam-macam kandungan bermanfaat yang baik untuk tubuh.
  • Setelah itu potong secara kecil-kecil buah pepaya yang sudah dikupas agar dengan mudah memakannya dan membantu proses pencernaan perut karena ukuran pepaya yang sudah dipotong tadi. Usahakan potong pepaya seukuran sekali gigit saja.
  • Selain dengan dimakan langsung, pepaya juga dapat dikonsumsi dengan cara di Jus. caranya, tinggal masukan pepaya yang sudah dipotong ke dalam blender, campurkan dengan air dan gula atau dengan susu sesuai selera, blender buah pepaya dan bahan-bahan lainnya, setelah sesuai dengan kekentalan yang diinginkan, matikan blender lalu taruh jus ke dalam gelas, jus pepaya yang sehat siap untuk diminum.
Selain untuk masalah pencernaan, manfaat buah pepaya lainnya yaitu digunakan sebagai masker. Masker pepaya dapat menghilangkan kusam dan bintik hitam yang ada di wajah. Masker pepaya sudah bisa didapatkan secara instan di supermarket terdekat, tetapi lebih aman jika membuat sendiri masker pepaya di rumah.

Cara Membuat Masker Pepaya :


  • Kupas pepaya, ambil dagingnya, lalu potong kecil-kecil,
  • Campurkan daging pepaya dengan satu sendok teh madu ke dalam mangkuk lalu lumatkan sampai membentuk adonan masker, madu mempunyai fungsi yang berguna untuk melembabkan kulit,
  • Pakaikan masker pepaya secara perlahan-lahan ke seluruh wajah, diamkan selama beberapa menit lalu basuh dengan air hangat.
  • Lakukan rutin sekali setiap pagi untuk hasil yang maksimal.

Baca juga : Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


Beberapa buah memiliki kandungan yang luar biasa bermanfaat, buah pepaya menjadi salah satunya, buah yang berasal dari meksiko ini dapat dengan mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional maupun di pinggir jalan, bagi yang ingin hidup sehat, buah ini menjadi solusinya, selain Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Pencernaan, buah ini juga tergolong terjangkau. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Pencernaan"

Posting Komentar