Berbagai Macam Makanan Sumber Kalsium

Seringkali ketika mendengar kata kalsium pasti pikiran kita langsung terarah kepada susu. Susu memang merupakan salah satu sumber makanan yang sangat kaya akan kalsium. Tapi sebenarnya banyak sekali makanan selain susu yang juga kaya akan kalsium. Bagi tubuh manusia, kalsium sangat berperan penting salam menyusun jaringan tulang dan gigi. Bagi ibu hamil kalsium juga sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Berbagai macam makanan yang juga kaya akan sumber kalsium berikut ini sanagt mudah didapatkan, sehingga bisa menjadi alternatif bagi kamu yang sudah sedikit agak merasa bosan dengan rasa susu. 

berbagai macam makanan sumber kalsium
Makanan Tinggi Kalsium

1. Sayuran Hijau


Sayuran hijau merupakan salah satu sumber makanan yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Sayuran hijau juga menjadi salah satu bahan utama dalam berbagai makanan khas nusantara seperti Sego Pecel Gambrengan yang merupakan salah satu Makanan Khas Purwodadi Grobogan Jawa Tengah yang juga berbahan utama sayuran hijau. Sayuran hijau yang mengandung kalsium paling tinggi adalah bayam dan brokoli. Selain mengandung kalsium yang tinggi, tentunya sayuran hijau juga merupakan sumber nutrisi dan serat yang juga sangat penting untuk tubuh.


2. Kacang Kedelai


Pernah mendengar minuman Susu Kedelai ??? Ya, kedelai adalah salah satu kacang-kacangan yang bisa dijadikan susu. Kedelai merupakan kacang-kacangan yang mengandung banyak sekali kalsium. Manfaat kedelai tidak hanya bisa dimanfaatkan dalam bentuk susu, tetapi banyak sekali olahan kedelai lain yang tentunya tak akan mengurangi manfaatnya seperti makanan asli Indonesia Tempe dan Tahu.


3. Ikan Salmon


Salmon merupakan ikan dari famili Salmonidae, salah satu jenis ikan berminyak yang hidup di Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik. Daging ikan salmon secara alami berwarna jingga kemerahan karena keberadaan pigmen karotenoid astaxanthin dan canthaxanthin yang didapatkan ikan salmon dari krill dan zooplankton. Ikan salmon kaya akan protein dan vitamin D, selainitu kandungan protein ikan salmon juga tinggi.

4. Biji Wijen


Dalam 1 ons biji wijen, terkandung 280 kalsium. Jumlah tersebut termasuk dalam jumlah yang tinggi, yaitu setara dengan jumlah kalsium yang ada di dalam satu gelas susu. Jadi rutinlah mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi tersebut untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh kamu.


5. Lobak


Lobak merupakan jenis sayuran yang kaya akan kandungan kalsium. Mengkonsumsi sop lobak setiap hari tidak hanya memenuhi kebutuhan kalsium saja. Tapi juga memenuhi kebutuhan vitamin A harian anda. Sehingga lobak bisa dikategorikan ke dalam sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi.

Dengan rutin mengkonsumsi Berbagai Macam Makanan Sumber Kalsium di atas, diaharapkan akan menunjang kebutuhan kalsium perhari dalam tubuh. Terimakasih.

0 Response to "Berbagai Macam Makanan Sumber Kalsium"

Posting Komentar