Cara Google Maps Offline di Android

Akses Google Maps secara offline sudah diwacanakan sejak pertengahan tahun 2015 lalu. Akhirnya wacana yang membuat kemampuan Google Maps berjalan secara offline benar-benar sudah terealisasikan. Meskipun terealisasikannya Google Maps Offline masih terbatas untuk beberapa pengguna saja. Hal tersebut baru tersedia untuk Google Maps Offline Android.

Seperti yang saya tulis diatas, google maps offline baru tersedia untuk beberapa pengguna saja. Cara pertama untuk mengetahui apakah aplikasi google maps kamu sudah mendukung pembaruan ini adalah dengan melihat apakah ada tiga kombinasi opsi "Save", "Share", dan "Download" saat membuka lokasi di Maps. Jika ada, maka Aplikasi maps kamu sudah mendukung google maps offline.
 
 
Cara Google Maps Offline untuk Android
Cara Google Maps Offline untuk Android (Foto: lifehacker.com)
 
Namun apabila di aplikasi maps kamu masih hanya terdapat tiga kombinasi opsi "Call", "Save" dan "Website", artinya aplikasi belum mendapat pembaruan, atau pengguna harus memperbaruinya secara manual terlebih dahulu. Bagi pengguna aplikasi Maps yang sudah mendapat pembaruan, berikut langkah-langkah memanfaatkan fitur akses Google maps offline Android.
 
  • Pertama, buka aplikasi Maps pada perangkat Android
 
Untuk saat ini, hanya pengguna Android yang bisa mencoba menggunakan kemampuan Google Maps Offline. Pengguna iOS dikabarkan akan segera menyusul. 
 
  • Kedua, cari lokasi yang ingin diakses secara offline

Pada tahap ini kamu masih harus terkoneksi dengan internet. Jika di rumah atau di kantor, atau di manapun kamu berada saat itu tersedia akses Wi-Fi, apalagi yang gratisan, lumayan, kamu bisa lebih menghemat pemakaian data sebelum kemudian beranjak ke tempat yang diinginkan :-D.

  • Ketiga, unduh lokasi peta yang diinginkan tadi. 
 
Apliksi Maps akan memperlihatkan segala informasi terkait dengan tempat yang diinginkan. Seperti informasi estimasi waktu untuk mencapai tujuan, informasi cuaca, foto-foto, dan deskripsi tempat jika sudah tersedia. Bersamaan dengan itu, akan ditampilkan juga tiga opsi yang telah disebutkan sebelumnya (Save, Share, Download). Kamu cukup menekan pilihan "Download" untuk mengunduh lokasi di Google Maps Offline Untuk Android.
  • Keempat, konfirmasi lokasi tujuan. 
 
Secara otomastis, Maps akan menunjukkan rute lokasi dan memastikan kepada pengguna apakah rute tersebut yang ingin ditempuh. Jika benar, kamu cukup menekan layar untuk menyetujui perintah unduh.

  • Kelima, Maps akan mengunduh lokasi tujuan yang telah disepakati. 
 
Setelah itu, kamu bisa deh berangkat menuju lokasi tersebut dengan informasi rute dari Maps tanpa harus mengaktifkan internet. Dengan demikian, kamu bisa mengakses Google Maps Offline untuk Android meski di pelosok Nusantara.
 
 
 
Akses Google Maps Offline Android ini sangat berguna sekali untuk pengguna yang akan melakukan perjalanan ke tempat yang masih belum terjangkau dengan jaringan internet. Seperti misalkan pergi ke pelosok Nusantara atau pergi gunung. Itulah Cara Google Maps Offline Untuk Android yang sangat mudah dipraktikkan. Artikel ini ditulis dari berbagai sumber di internet. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "Cara Google Maps Offline di Android"

Posting Komentar