Tips Mengatasi Mata Lelah Di Depan Laptop atau Komputer

Beraktifitas di depan Laptop atau Komputer merupakan hal sangat wajar di zaman yang serba cepat ini. Dengan komputer yang terhubung dengan internet kita bisa melakukan apa saja yang sebelumnya dilakukan secara manual dan lamabat. Kita bisa mengirim email atau surel kepada seseorang di luar sana, kita juga bisa beraktifitas di sosial media manapun yang kita mau. Selain itu kita juga bisa mendapatkan informasi yang sangat luas dan bermanfaat seperti Manfaat Yoghurt Heavenly Blush Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan/atau info lainnya. 

Tapi tentunya dengan segala kemudahan yang diberkan akan selalu ada resiko atau akibat negatif yang diberikan. Semakin sering kita bermain di depan komputer atau laptop, mata kita akan mengalami kelelahan karena terkena polusi cahaya dari layarLCD komputer atau laptop. Semakin kita membiarkan mata kita lelah, akan semakin besar pula kemungkinan mata kita akan cepat rusak sehingga dapat mengakibatkan rabun. 

Ilustrasi Mata Lelah - sumber: harga-jual.com

Nah, berikut ini adalah Tips Mengatasi Mata Lelah Di Depan Laptop atau Komputer yang bisa kamu terapkan jiak mata kamu lelah memandang layar lapatop seharian,...

1. Lihat Pemandangan Hijau


Warna hijau merupan warna yang paling adem untuk mata, itulah sebabnya jika kita sedang memandang sawah atau hijaunya hutan kita akan merasa nyaman. Jika mata kamu sudah berjam-jam di depan laptop istirahatkanlah mata kamu dengan pemandangan hijau. Keluarlah dari rumah dan cari pemandangan hijau, nikamati pemandangan itu 10-15 menit sebelum melanjutkan kemabali kedepan layar. Tapi jika kamu bekerja di dalam gedung yang jauh dari pemandangan hijau, kamu bisa menggantinya denga lukisan atau poster pemandangan hijau.


2. Atur Kontras Layar Laptop atau Komputer

Cara mengatasi kelelahan mata akibat komputer yang kedua adalah dengan mengatur layar komputer kita agar tidak terlalu bercahaya dan juga tidak terlalu terang. Cobalah untuk mengaturnya agar sesuai dengan pencahayaan yang ada di ruangan kita sekarang. Dengan pengaturan yang tepat maka mata kita tidak akan mudah untuk lelah apabila berhadapan dengan laptop atau komputer.

3. Jaga Kesehatan Mata


Selain mengatasi mata lelah dari luar, kita juga perlu menjaga kesehatan mata. Buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin A seperti Apel dan Wortel merupakan asupan yang sangat baik untuk kesehatan mata. Selain bagus untuk kesehatan mata, mengkonsumsi buah dan sayur juga bagus untuk menjaga setamina selama bekerja di depan laptop atau komputer.


Mata merupakan salah satu dari panca indra manusia yang peranannya sangat penting guna menunjang aktifitas kita sehari-hari. Mata adalah karunia Tuhan dan merupakan jendela kita untuk melihat indahnya dunia yang harus kita syukuri dan kita jaga. Terimakasih.

2 Responses to "Tips Mengatasi Mata Lelah Di Depan Laptop atau Komputer"