Alasan Nokia N-Gage Adalah Ponsel Gaming Terkeren Sepanjang Masa

Nokia memang produsen telepon seluler yang luar biasa, banyak produk besutan Nokia yang menjadi ponsel legend dan banyak digunakan oleh banyak orang di dunia, sehingga tak ada salahnya jika mengatakan ponsel-pnsel buatan Nokia merupakan Ponsel Sejuta Umat. Sebut saja ponsel-ponsel Nokia yang begitu melegenda, khususnya di hati orang Indonesia dan umumnya masyarakat dunia sperti Nokia 3310 dan Nokia N-Gage Classic.

Nokia 3310 sering disebut sebagai ponsel terkuat di dunia, melebihi kekuatan Tank sekalipun. Ternyata Hal itu tak sepenuhnya salah, pasalanya ada video di Youtube yang memperlihatkan kekuatan dari HP Sejuta Umat ini dengan cara memukulny dengan sebuah palu besar (Godem) dan terlihat Nokia 3310 tidak megalami kerusakan, hanya casingnya saja yang terlepas dan masih bisa digunakan seperti semula.


Baca juga : Kamera Mirrorless Panasonic Lumix GX8 dan G7 mampu Rekam Video 4K


Berbeda dengan Nokia 3310, Nokia N-Gage Classic lebih dikenal sebagai Smertphone Gaming yang setara dengan PSP. Ponsel ini pernah meiliki sekuel, namun tidak sejaya sang pionir, N-Gage Classic. Ponsel ini memiliki alasan tersendiri yang membuatanya menjadi sebuah Konsol Gaming Portable sekaligus menjadi sebuah Ponsel pada umumnya namun meiliki keunikan tersendiri. Berikut ini Alasan Nokia N-Gage Adalah Ponsel Gaming Terkeren Sepanjang Masa.


1. Desain N-Gage Classic Yang Fresh


N-Gage Classic
Tampilan depan N-Gage Classic (Foto: mobileworld.vn)

Desain dari N-Gage Classic sangat unik dan sangat mudah dikenali, sehingga seringkali menarik perhatian banyak orang jika digunakan di lingkungan umum. Keypad alfanumerik diletakkan di bagian kanan. Sejajar dengan layar yang berdiri (posisi portrait), sementara di sisi berlawanan ada tombol arah alias d-pad dan sejumlah tombol shortcut menuju menu-menu fantastis yang menjadi alasan berikutnya mengapa ponsel ini keren.

N-Gage Untuk Bertelepon
N-Gage Untuk Bertelepon (Foto: andreweblog.blogspot.com)

Posisi letak speaker telepon pun terdapat disisi samping bodi ponsel, sehingga ketika sedang menelepon, seolah-olah sedang memberitahukan semua orang jika kita sedang memakai ponsel N-Gage yang super keren ini, dan hal inilah yang membuat semua orang menjadi memperhatikan.


2. Game N-Gage Classic Berkualitas


N-Gage Classic Dengan Analog Pad
N-Gage Classic Dengan Analog Pad (Foto: kaskus.co.id)

Untuk sekarang ini, gaming bukan lagi menjadi hal yang istimewa. Tak perlu konsol game mahal atau ponsel yang memiliki spsek dewa untuk memainkan Game-game keren dengan efek grafik yang tinggi. Dengan ponsel Android Sejutaan saja sudah bisa memainkannya. Namun berbeda dengan masa 10 Tahin yang lalu ketika N-Gage Classik pertama dikelurkan pada tahun 2003.

Bermain game hanya bisa dilakukan dengan konsol mahal seperti PS dan Gameboy, Ninetendo atau konsol portable PSP. Semua perangkat tersebut hanya bisa digunkan sebagai alat bermain game. Namun N-Gage hadir sebagai sebuah konsol Game yang sekaligus menjadi sebuah telepon pintar dengan sisitem operasi Symbian. Game yang dibawa N-Gage pun bukanlah game kacangan sekelas java j2me.


Baca juga : Sony Xperia C5 Ultra Dual Smartphone Android Jagonya Selfie Kamera Depan 13MP


N-Gage Classic Dengan Casing Stick Gaming
N-Gage Classic Dengan Casing Stick Gaming (Foto: kaskus.co.id)

Judul-judul Game Legend seperti serial Asphalt, Fifa Football, Spiderman 2, Sega Rally, Tom Clancy’s Splinter Cell, Red Faction dan sebagainya ada di platform ini. Bahkan Sejumlah developer game, mulai dari SEGA, ATARI, EA, ACTIVISION dan sejumlah pengembang besar lainnya, sempat mengembangkan beberapa game untuk platform yang kemudian diakui sebagai platform gaming portable setara PSP.


3. N-Gage Classik Juga Merupakan Music Player

N-Gage Classic Dengan Speaker Tambahan
N-Gage Classic Dengan Speaker Tambahan (Foto: bluefame.com)

Saat itu sangat keren jika orang berjalan ditaman ada earphone yang nempel di kuping dan memutar music favorit. iPod dan walkman adalah perangkata yang sering digunkan sebagai pemutar musik portable. Tapi ternyata, selain hadir sebagai konsol sekaligus Smartphone gaming, N-Gage Classic juga hadir sebagai sebuah pemutar musik berkualitas yang bisa dibawa kemana-mana.

N-Gage Classic Dengan Speaker Tambahan
N-Gage Classic Dengan Speaker Tambahan (Foto: bluefame.com)

Format file suara yang didukung N-Gage juga beragam, salah satunya adalah MP3. Kualitas suara yang ditawarkan  oleh earphone atau headset bawaan N-Gage juga tidak gemen-gemen. Semua lagu yang diputar begitu teras feelnya. Selain itu, ponsel ini juga sudah mendukung radio analog yang bisa digunakan ketika bosan dengan lagu koleksi atau ketika ingin mencari referensi lagu baru.


Hilangnya Dukungan Terhadap N-Gage


Setahun setelah dirilisnya Ponsel Gaming N-Gage Classic, Nokia kembali merilis sang asik, Nokai N-Gage QD. alaih-alih mendapatkan perbaikan, N-Gage QD justru mengalami penuruna dkualaitas. Sekelompok orang bahkan mempelesetkan QD sebagai singkatan dari Quite Disappointing (cukup mengecewakan) atau Questionable Decision (keputusan yang dipertenyakan) atau Quality Downgrade (kualitas menurun).

RIP N-Gage
RIP N-Gage (Foto: thereviewcrew.com)

Nokia lalu mencoba mempertahankan platform N-Gage dengan sistem yang berbasis server. Namun alih-alih mempertahankan kualitas game setara konsol, mereka justru mendistribusikan game-game S60 dalam layanan tersebut, yang mana bisa diakses oleh semua ponsel Symbian S60. Jadi N-Gage seperti tidak ada spesial-spesialnya lagi.


Baca juga : Android Nexus 5X Smartphone Terbaru Google Dengan Sistem Operasi Termutakhir, Android 6.0 Marshmallow


Ponsel-ponsel yang pernah disambangi N-Gage Server ini ada banyak, sebut saja Nokia N81, dan Nokia 5320 XpressMusic. Pada tahun 2009, akhirnya secara resmi layanan ini dihentikan. Tapi N-Gage, terutama versi yang Classic masih memiliki tempat di hati penggemar ponsel dan konsol game. Masih banyak orang yang jual Platform ini dengan bentuk Scond Hand, sebenarnya aku juga ingin punya, kalau ada yang mau jual bisa tulis di komentar :-D.

0 Response to "Alasan Nokia N-Gage Adalah Ponsel Gaming Terkeren Sepanjang Masa"

Posting Komentar