Manfaat Dan Khasiat Daun Pepaya Sebagai Obat Tradisional

Pepaya atau dalam bahasa latin disebut Carica Papaya banyak tumbuh subur di Indonesia. Pepaya merupakan tumbuhan yang dapat tumbuh suber di manapun, baik di dataran tinggi maupun di dataran rendah. Pepaya merupakan buah yang sangat baik untuk Pencernaan karena mengandung banyak sekali serat. Manfaat Buah pepaya bisa didapatkan dengan cara di konsumsi selagi masih mentah yang di olah menjadi sayur yang lezat dan sehat, maupun dikonsumsi ketika sudah matang yang bisa dimakan langsung maupun diolah menjadi Jus Pepaya.

Selain buah pepaya yang banyak sekali manfaat dan khasiatnya, ternyata daun pepaya yang notabene berasa sangat pahit juga memiliki Mnafaat dan Khasiat. Daun pepaya mengandung enzim yang bernama papain. Enzim papain sejenis protease dapat melunakkan daging dan mengubah konformasi protein lainnya. Disamping enzim papain, daun juga mengandung zat-zat lain diantaranya: vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, besi, air, kalori dan carposide. Sehingga Daun Pepaya Bermanfaat Serta Berkhasiat sebagai obat Tradisional.
 
Manfaat Dan Khasiat Daun Pepaya Sebagai Obat Tradisional
Daun Pepaya (Image: akuratpost.com)

Berikut ini adalah beberapa Manfaat Dan Khasiat Daun Pepaya Sebagai Obat Tradisional yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.


Baca juga : Manfaat Jus Buah Tomat Untuk Mengatasi Jerawat



1. Sebagai obat Jerawat


Daun pepaya berkhasiat sebagai obat jerawat dengan menggunakannya sebagai masker, cara membuatnya adalah sebagai berikut ambilah daun pepaya tua secukupnya, selanjutnya jemurlah daun pepaya tersebut hingga kering selanjutnya tumbuklah daun kering tersebut hingga halus, berilah sedikit air hingga tumbukan daun tersebut menjadi kental seperti krim masker dikira-kira saja jangan sampai terlalu. Selanjut gunakan sebagai masker dengan mengoleskan ke muka hingga rata menjelang istirahat tidur malam. Lakukan secara rutin hingga jerawat bersih dan wajah kembali bersinar.


2. Sebagai pelancar pencernaan


Senyawa karpain adalah senyawa yang terkandung dalam daun pepaya. senyawa karpain tersebut mampu melemahkan dan membunuh mikro organisme jahat yang mengganggu pencernaan dan metabolisme dalam tubuh, sehingga proses metabolisme tubuh akan menjadi lancar karena konsumsi daun pepaya tersebut.


Baca juga : Manfaat Yoghurt Heavenly Blush Untuk Ibu Hamil



3.  Sebagaipelunak daging


Getah pepaya yang bisa di dapat dari daun (selain dari batang dan buah) ternyata mengandung enzim papain, sejenis protease, yang mampu digunakaan untuk melunakkan daging. Biasanya daging direbus bersama dengan daun pepaya selama beberapa waktu sebelum daging diolah menjadi makanan.


4. Sebagai pereda nyeri saat haid


Daun pepaya sebagai pereda nyeri saat haid sudah digunakan sejak lama oleh para wanita dan mungkin meski sudah banyak produk pabrikan cara ini masih digunakan hingga sekarang. Caranya tidak jauh beda dengan penggunaan sebagai obat atau jamu yang lain hanya saja dengan tambahan yang berbeda, yaitu dengan menyiapkan beberapa lembar daun pepaya dengan ditambahkan asam jawa serta garam secukupnya, dicampur dengan air secukupnya lalu direbus bersamaan. Setelah dingin minumlah ramuan tradisional tersebut hingga habis dan semoga nyeri haid segera hilang.


Baca juga : Tips Mengatasi Mata Lelah Di Depan Laptop


Buah pepaya juga merupakan komoditas yang bisa diperhitungkan nilai keuntungannya. Dengan menanam dan membudidayakan Buah Pepaya. Berarti kita juga turut menjaga dan melestarikan warisan nenek moyang yaitu  Jamu Tradisional yang terbuat dari daun pepaya. Sehingga Manfaat Dan Khasiat Daun Pepaya Sebagai Obat Tradisional bisa tetap ada sampai anak cucu kita nanti. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

2 Responses to "Manfaat Dan Khasiat Daun Pepaya Sebagai Obat Tradisional"

  1. Pepaya memang banyak sekali manfaatnya yah, selain bisa dibuat sayur daun pepaya juga bisa dibuat obat tradisional.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daun pepaya memang banyak manfaatnya gan, kalo ngomongin daun pepaya jadi keingetan urap daun pepaya yang dulu sering dibuati ibu aku. Selain daun pepaya bengkoang juga buah yang kaya manfaat :-D

      Hapus