5 Manfaat Kopi Yang Berguna Selain Untuk Diminum

Kopi adalah minuman yang diekstrasi dari pernyaraian biji kopi, yang berasal dari biji pohon kopi. Kopi merupakan salah satu komiditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

Pemrosesan kopi sebelum dapat diminum melalui proses panjang yaitu dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik dengan cara mesin maupun dengan tangan, kemudian dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong. Proses selanjutnya yaitu penyangraian dengan tingkat derajat yang bervariasi. Setelah penyangraian biji kopi digiling atau dihaluskan menjadi bubuk kopi sebelum kopi dapat diminum.
 
5 Manfaat Kopi Yang Berguna Selain Untuk Diminum
Biji Kopi (Sumber: reps-id.com)

Pada abad ke-13, umat Muslim banyak mengonsumsi kopi sebagai minuman penambah energi saat beribadah di malam hari. Kepopuleran kopi pun turut meningkat seiring dengan penyebaran agama Islam pada saat itu hingga mencapai daerah Afrika Utara, Mediterania, dan India (id.wikipedia.org/wiki/kopi).

Selain berguna sebagai minuman berenergi, kopi juga memiliki manfaat unik yang tak kalah bergunanya untuk kehidupan sehari-hari. Berikut 5 Manfaat Kopi Yang Berguna Selain Untuk Diminum.

1. Mencuci Tangan


Seringkali ketka selesai memasak, mengiris bawang putih atau bahan makanan lainnya, tangan kita akan menjadi bau sehinga cukup mengganggu. Meskipun sudah dicuci menggunakan sabun anti lemak tapi masih ada bau yang tersisa. Solusinya cuci tangan kamu menggunakan kopi. Caranya basahi tangan dengan air bersih, lalu ambil 1-2 sendok bubuk kopi hitam dan gosok-gosokkan ke tangan kamu. Setelah dirasa cukup, bilas dengan air bersih.


2. Membersihkan Sepatu


Sepatu yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari akan menimbulkan bau yang tak sedap. Untuk menghilangkannya bisa dengan cara memasukkan koran bekas kedalam sepatu. Namun untuk hasil yang lebih maksimal masukkanlah 1-2 sedok bubuk kopi hitam kedalam sepatu. Tetapi sebagai konskuensinya jangan pakai kaos kaki warna putih :-D.

3. Mencuci Piring


Kasusnya hampir sama dengan mencuci tangan. Seringkali kita kesusahan mencuci piring bekas makanan berlemak. Sudah dicuci dengan sabun anti lemak tapi masih meninggalkan sedikit bau. Taburkan 1 sendok bubuk kopi hitam ke piring cucian dan gosok dengan spon, setelah itu bilas dengan air bersih.

 

4. Menghilangkan Bau Mulut


Untuk kamu yang hobi makan lalapan petai atau semur jengkol pasti gak jauh dari kata bau mulut. Meskipun sudah sikat gigi dan makan permen wangi tati tetap saja baunya gak mau hilang. Caranya ambil 2-3 sedok bubuk kopi hitam ke dalam gelas dan campurkan dengan 1 sendok gula pasir. Makan dan kunyahlah setidaknya setelah makan petai atau jengkol.

5. Mengusir Serangga


Semut adalah serangga yang paling banyak dan paling mudah ditemukan dirumah. Dimana ada makanan bercecer beberapa saat kemudian pasti akan muncul semut. Mau pakai obat pengusir seangga tapi takut berbahaya untuk kesehatan. Mudah saja, pakai saja kopi. Taburkan bubuk kopi hitam ke area yang sering ada semutnya.


Kata kopi sendiri awalnya berasal dari bahasa Arab: قهوة‎ qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Dan ternyata memang kopi adalah makanan berkekuatan tinggi yang kaya manfaat selain untuk diminum. Terimakasih

0 Response to "5 Manfaat Kopi Yang Berguna Selain Untuk Diminum"

Posting Komentar