5 Manfaat Brokoli Yang Penting Untuk Kesehatan

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang cukup umum dikalangan masyarakat kita. Berbagai olahan dapur menggunakan brokoli sebagai salah satu bahan pembuatnya. Selain terasa enak, brokoli juga mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang memang dibutuhkan oleh tubuh kita. Brokoli juga mengandung banyak serat sehingga sangat baik dan sehat untuk pencernaan kita. 

Selain itu, sayuran ini juga kaya akan vitamin A, zat besi, vitamin K, vitamin B-kompleks, zinc, fosfor dan phyto-nutrient. Phytonutrients adalah senyawa yang terbukti mampu memperkecil risiko diabetes, penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.
 
5 Manfaat Brokoli Yang Penting Untuk Kesehatan
Brokoli (Foto: sehatcenter.com)

Dengan rajin mengkonsumsi brokoli, kebutuhan akan asupan nutrisi dan vitamin oleh tubuh akan terpenuhi. Berikut ini adalah 5 Manfaat Brokoli Yang Penting Untuk Kesehatan.

1. Mencegah Osteoarthritis


Osteoarthritis adalah kondisi di mana sendi terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi. Brokoli mengandung senyawa sulfophane yang bisa membantu tubuh melawan osteoarthritis, sulforaphane bisa memblokir enzim penghancur tulang rawan dengan mencegat molekul penyebab inflamasi.


2. Melindungi Kulit Dari Paparan Sinar UV


Brokoli kaya akan vitamin A. Dengan banyak mengkonsumsi brokoli setiap harinya akan memenuhi kebutuhan asupan vitamin A untuk tubuh. Efek dari radiasi ultraviolet (UV) sendiri sanagt buruk dan bersifat merusak kulit.

3. Memulihkan kerusakan hati yang diakibatkan diabetes. 


Mengkonsumsi brokoli bisa merangsang produksi enzim-enzim tubuh yang dapat membantu melindungi pembuluh darah di jantung dan mengurangi molekul perusak pembuluh darah.


4. Mengurangi risiko kanker. 


Dengan hanya mengkonsumsi brokoli tiga kali sebulan berpotensi memperkecil risiko seseorang mengembangkan kanker ginjal sebesar 40%.

5. Senyawa tanaman brokoli dapat mendetoksifikasi polutan udara dalam tubuh. 


Penelitian dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health di Baltimore memaparkan manfaat baru brokoli. Subjek penelitian ini adalah salah satu daerah yang paling tercemar di China yang penduduknya mengonsumsi setengah cangkir minuman brokoli. Konsumsi brokoli ini terbukti dapat membersihkan kadar benzena dan akrolein di dalam tubuh— karsinogen manusia yang dikenal dan iritasi paru-paru, masing-masing.


Selain brokoli masih banyak diluar sana sayuran yang mengandung banyak manfaat dan kebaikan untuk tubuh kita. Selain dengan rajin mengkonsumsi sayur, juga harus dibarengi dengan rajin olahraga dan menjaga gayan hiduo sehat. Demikian 5 Manfaat Brokoli Yang Penting Untuk Kesehatan. Terimakasih.

0 Response to "5 Manfaat Brokoli Yang Penting Untuk Kesehatan"

Posting Komentar