3 Kandungan Dan Manfaat Utama Kentang

Mungkin kita mengira kentang rebus yang biasa kita makan hanyalah makanan pengganti nasi yang hanya mengandung karbohidrat tinggi. Dugaan itu tidak sepenuhnya salah, namun manfaat kentang rebus ternyata melebihi perkiraan kita. Tahukah Anda bahwa kentang rebus secara alami kaya akan vitamin dan mineral, terutama kalium, fosfor, vitamin B-kompleks dan vitamin C. Kentang rebus merupakan makanan rendah kalori dan lemak, serta tinggi kadar serat yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Kentang memang merupakan makanan rekomendasi utama bagi kamu yang ingin Diet. Karena dengan mengkonsumsi kentang akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Berikut ini bahasan lengkap tentang kandungan dan manfaat kentang rebus yang ternyata cukup mengejutkan:

Kandungan Nutrisi Kentang Rebus


Ketika sebuah kentang besar direbus bersama dengan kulitnya, 300 gram kentang mengandung 261 kalori, 5,6 gram protein dan 0,3 gram lemak. Jika anda mengupas kentang sebelum perebusan, Anda akan kehilangan sekitar setengah gram protein, tapi isi kalori dan lemak tetap sama. Dikupas atau tidak, kentang rebus mengandung 5,4 gram serat, dan 2,6 gram gula alami.

Kandungan Vitamin


Manfaat kentang rebus lainnya yang jarang diketahui adalah tingginya kandungan Vitamin B-kompleks. Vitamin B kompleks membantu membentuk sel-sel darah tubuh Anda dan mengurai energi dari protein, karbohidrat dan lemak dari makanan yang Anda makan. Sebuah kentang rebus ukuran sedang mampu mencukupi setengah dari vitamin B-6 harian yang dibutuhkan tubuh, serta sekitar 30 persen dari asupan harian thiamin dan niacin yang direkomendasikan.

3 Kandungan Dan Manfaat Utama Kentang
Kentang (Foto: tokomesin.com)

Tidak cukup sampai disitu saja, Kentang rebus juga mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup banyak. Hanya saja ketika Anda mengupas kentang tersebut sebelum direbus, kandungan vitamin C nya akan turun hingga 50%.

Kandungan Mineral


Karena kentang termasuk dalam umbi-umbian, kentang dikenal memiliki kandungan mineral yang cukup kaya seperti magnesium, fosfor, dan potasium. Mineral-mineral tersebut berperan penting untuk membantu Anda membangun tulang, jaringan saraf dan fungsi otot. Sebuah kentang rebus dengan ukurang besar mampu mencukupi seperempat kebutuhan harian kalium yang direkomendasikan. Tidak hanya itu, kentang rebus yang tidak dikupas mampu mencukupi seperlima dari magnesium dan fosfor yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

Baca juga :  Cara Masak Mie Intan Tak Kalah Enak Dengan Spaghetti

Nah, ternyata ada banya sekali kan manfaat kentang rebus yang jarang sekali kita ketahui. Jadi, tidak ada salahnya sesekali mengganti makanan pokok kita yang berupa nasi dengan kentang. Selain mengenyangkan, kentang juga memberikan beragam manfaat yang baik berkat kandungan gizi yang terkandung di dalamnya.(Sumber: http://akardanumbi.blogspot.co.id/2013/10/manfaat-kentang-rebus-yang-mengejutkan.html)

0 Response to "3 Kandungan Dan Manfaat Utama Kentang"

Posting Komentar