10 Tips Menjaga Mata Tetap Sehat

Terkadang kita sering saja lupa untuk menjaga kesehatan mata, padahal mata termasuk organ yang paling penting dari lima indera tubuh manusia. Tanpa mata, kita tidak dapat melihat betapa indahnya dunia dan wajah orang-orang disekitar kita.Mata adalah salah satu perwujudan kasih sayang Tuhan kepada kita. Seiring dengan bertambahnya usia, mata kita akan mengalami penurunan daya fungsi.
 
Untuk memastikan agar mata tetap sehat seiring dengan bertambahnya usia, berikut 10 tips menjaga kesehatan mata untuk kamu.

10 Tips Menjaga Mata Tetap Sehat
Mata Sehat (Sumber: sehatcenter.com)

1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan


Salah satu sayuran yang sangat baik untuk kesehatan mata adalah wortel. Wortel ini sarat dengan kandungan beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Dimana beta karoten adalah antioksidan yang dapat membantu mengurangi resiko degenerasi makula.

2. Hindari memakai lensa kontak lebih dari 19 jam


Pemakaian lensa kontak yang terlalu lama dapat mengganggu kenyamanan mata kamu bahkan bisa menyebabkan kerusakan mata permanen. Sebaiknya juga disarankan tidak memakai kacamata terlalu lama.

3. Kurangi penggunaan obat tetes mata


Untuk mengatasai iritasi atau mata merah memang bisa dilakukan dengan meneteskan secukupnya obat tetes mata, akan tetapi jika berlebihan bisa benar-benar merusak kesehatan mata kamu.

 Baca juga :  Cara Masak Mie Intan Tak Kalah Enak Dengan Spaghetti

4. Gunakan mentimun


kamu bisa mencoba terapi mata menggunakan irisan mentimun. Gunakan irisan mentimun untuk mengkompres mata kamu. Letakkan diatas kelopak mata selama 10 menit menjelang tidur di malam hari untuk mencegah pembengkakan.

5. Kenakan kacamata pelindung UV


Kacamata pelindung UV dibutuhkan untuk menangkan paparan sinar matahari. Gunakan lensa terpolarisasi, bukan sekedar lensa gelap.

6. Hindari menatap komputer terlalu lama


Agar kesehatan mata kamu tetap terjaga, maka sangat disarankan untuk tidak terlalu lama berada di depan layar komputer karena akan membuat mata lelah. Lakukan jeda dan istirahat yang cukup selang waktu tertentu.

7. Pakai kacamata pelindung saat dibutuhkan


Ditempat-tempat tertentu pastikan kamu memakai kacamata pelindung seperti misal saat bekerja diarea dekat bahan kimia atau pada tempat yang banyak partikel udara berbahaya.

8. Hindari membaca dalam cahaya redup


Sangat penting untuk kamu perhatikan agar tidak membaca di ruangan dengan pencahayaan yang redup. Suasana demikian akan mnenyebabkan mata kamu tegang dan cepat lelah.
 
Baca juga : Manfaat Apel Untuk Kesehatan

9. Jangan menatap cahaya terlalu terang secara langsung


Menfokuskan penglihatan langsung pada  cahaya yang terlalu terang tidak baik untuk kesehatan mata, contohnya menatap langsung pada sinar matahari tanpa memakai kaca pelindung mata.

10. Lakukan olahraga mata dan buatlah agar mata kamu relaks.


Olahraga mata yang cukup sederhana bisa kamu coba dengan cara memfokuskan mata kamu pada objek yang dekat. Tutup mata kamu denga kedua telapak tangan selama kurang lebih 10 detik lalu bukalah. Lakukan proses ini beberapa kali secukupnya.

Itulah 10 tips menjaga mata tetap sehat. Ingatlah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Jagalah mata kamu agar kamu dapat selalu mensyukuri keajaiban dunia. Semoga tips sederhana ini bermanfaat untuk kamu.(Sumber: http://sehatcenter.com/10-tips-untuk-menjaga-kesehatan-mata)

0 Response to "10 Tips Menjaga Mata Tetap Sehat"

Posting Komentar