BEBERAPA PLANET ANEH DAN UNIK

Assalamualaikum,...

Alam semesta terdiri dari bintang dan planet yang tak terhingga jumlahnya. Sebagian berukuran jauh lenih kecil dari planet kita, dan sebagian yang lain berukuran jauh lebih besar dari planet kita serta jumlahnya pun juga jauh lebih banyak. Sifat dan massa planet-planet yang tersebar di seluruh alam semesta pun juga berbeda-beda, mulai dari suhu, cuaca sampai permukaannya. 

Berikut ini beberapa planet yang aneh dan unik yang telah dikatahui oleh manusia.


1. Planet Dubbed TrES-4

 planet yang aneh dan unik
Dubbed TrES-4 / Foto : Jeffery Hall, Lowell Observatory

Planet ini merupakan planet terbesar yang diketahui oleh manusia hingga saat ini. Ukurannya 1.7 x planet Jupiter. Jarak planet ini dari bumi sekitar 1400 tahun cahaya.


2. Planet Epsilon Eridani b

 planet yang aneh dan unik
Epsilon Eridani b / Foto : NASA, ESA, G.F. Nenedict

Planet ini berjarak sangat dekat dengan bumi, hanya sekitar 10.5 tahun cahaya saja. Sebegitu dekatnya planet ini dengan bumi sehingga memungkinkan kita bisa mengamatinya dari teleskop biasa.


3. Planet WASP-12b

 planet yang aneh dan unik
WASP-12b / Foto : ESA/NASA

Planet ini merupakan planet yang paling panas yang pernah ditemukan oleh manusia hingga sekarang. Suju pemukaannya mencapai 3200 derajat celcius. Letaknya 870 tahun cahaya dari bumi.

4. Planet Kepler-10b

 planet yang aneh dan unik
Kepler-10b / Foto : NASA

Planet yang satu ini diketahui sebagi planet terkecil yang berada diluar tata surya. Planet kerdil ini ditemukan pada januari 2011.

5. Planet OGLE-2005-BLG-390L b

 planet yang aneh dan unik
OGLE-2005-BLG-390L b / Foto : ESO
 
Planet ini adalah planet terdingin dan terjauh jaraknya dari bumi yang kita huni. jaraknya sekitar 28000 tahun cahaya.

Dari sebeitu luasnya Alam semesta baru sedikit yang telah manusia ketahui. Masih ada jutaan bahkan milyaran planet dan bintang di luar sana yang tentunya tak kalah Aneh dan Uniknya. Semoga bermanfaat, srkian dan terimakasih.

Wassalamualaikum,...

0 Response to "BEBERAPA PLANET ANEH DAN UNIK"

Posting Komentar