CARA MENGEMBALIKAN/MERESET FIRE FOX DAN CHROME KEMBALI KE DEFAULT

Assalamualaikum,...

Sering kali saya mendapatkan pertanyaan dan keluhan dari teman tentang sulitnya menghapus perangkat semacam add-ons/ekstensi/plugin yang menempel pada browser. Seperti contoh munculnya halaman web search / search engine lainnya yang terpasang secara tidak sengaja setelah kita menginstal sebuah program downloader yang tidak jelas, sehingga sedikit mengganggu kinerja Fire fox dan Chrome.

Web search / search engine tersebut sebenarnya adalah semacam addware yang ikut menumpang pada software (biasanya downloader gak jelas), dan ketika kita menginstall software tersebut addware tadi pun ikut terinstal secara otomatis. Jadi perlu diperhatikan apabila akan menginstal software jangan asal klik Next-Next-Finish :-D.

Setelah secara tidak sengaja saya menemukan cara mengembalikan/mereset Fire fox dan Chrome kembali ke default di sebuah grup Facebook, saya akn membagikannya kepada Anda semua..

Adware / Foto : betanews.com

Berikut adalah cara mengembalikan/mereset Fire fox dan Chrome kembali ke default

1. Periksa Control Panel
Pertama buka periksa dahulu di Control Panel apakah ada program terinstal seperti amazon, ask.com, atau sejenisnya, jika ada, silahkan diuninstal terlebih dahulu.
2. Untuk Fire Fox
  1. Buka mozilla dan ketikkan pada url bar "about:support" (tanpa tanda petik) lalu tekan enter. 
  2. Klik tombol "Refress Fire Fox" yang ada di sebelah kanan atas.
  3. Tunggu beberapa saat hingga muncul pop up pembersihan kuki dan cache sert.a data lama Anda (semua file dan data lama kuki dan cache akan tersimpan di folder Old Firefox Data pada desktop, hapus saja jika tidak lagi diperlukan).
  4. Setelah itu akan muncul halaman awal Fire Fox. untuk memastikan apakah cara ini berhasil, silahkan restart mozillanya. Selesai.
3. Untuk Chrome
  1. Pertama klik tombol pengaturan di pojok kanan atas (berupa strip 3).
  2. Lalu klik Settings atau Setelan.
  3. Scroll ke bawah dan klik "Tampilkan setelan lanjutan" atau "See other setting"
  4. Lanjut Scroll ke bawah lagi dan klik tombol "Setel Ulang Setelan Browser" atau "Reset Browser Setting"
  5. Terakhir restart Chrome dan lihat hasilnya. Selesai
Cara mengembalikan/mereset Fire fox dan Chrome kembali ke default bisa saja berubah pada update terakhir browsre tersebut. Silakan tanyakan pada kolom komentar bila masih kurang jelas. Sekian dan terimakasih. 
Wassalamualaikum,...

0 Response to "CARA MENGEMBALIKAN/MERESET FIRE FOX DAN CHROME KEMBALI KE DEFAULT"

Posting Komentar