INILAH YANG BISA MEMADAMKAN API SELAIN AIR

Assalamualikum,...

Walaupun saat sekarang ini adalah musim penghujan dan biasanya musim penghujan itu jarang terjadi kebakaran, tapi bisa saja terjadi kebakaran. Dan tentunya kita semua tidak menginginkan hal buruk tersebut terjadi. Namun kita tetap tidak tahu apakah yang akan terjadi dimasa depan.

Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran, hendaknya kita menjauhkan barang-barang yang mudah tersulut api dari sumber api seperti menjauhkan kertas-kertas dari kompor, atau menjauhkan bantal dari stop kontak listik yang sedang dicolok beberapa steker secara bersamaan dengan terminal T.

Namun apalah daya kita, yang sudah menjauhkan segala hal yang mudah tersulut api dari sumber api tetap saja kecelakaan kebakaran bisa saja terjadi. Dan bila peristiwa naas itu terjadi kita tidak boleh serta merta panik. yang perlu kita lakukan adalah memadamkannya. Tapi bagaimana jika ternyata di sekitar kita tidak ada air? inilah yang bisa memadamkan api selain air.

Inilah yang bisa memadamkan api selain air.
Api / Foto: ruangmakna.wordpress.com

Inilah yang bisa memadamkan api selain air.

1. Pasir.
Pasir adalah salah satu bahan bangunan yang banyak dipergunakan dari struktur paling bawah hingga paling atas dalam bangunan. Baik sebagai pasir urug, adukan hingga campuran beton. Pasir jug salah satu material yang paling mudah ditemukan di sekitar rumah. Sifatnya yang mengurug akan membuat api cepat padam. mungkin Negara Api juga bakal kanur kalau ngelawan Pengendali pasir yang mencuri Appa. Nah loh O.o.
2. Abu gosok
Abu gosok adalah limbah dari pembakaran, biasanya pembakaran kayu. abu gosok pun juga meterial yang mudah ditemukan apalagi yang dirumahnya masih menggunak kayu bakar untuk memasak, seperti di rumah saya. Abu gosok pun juga memiliki sifat yang mengurug atau mungkin bisa disebut menutup, jadi api akan padam bila di urug dengan abu gosok.
3. Diinjak-injak
Nah satu ini khusus untuk yang apinya masih berukuran kecil, misal api unggun bekas buat bakar jagung. kalu pai yang udah gede kayak kebakaran rumah, mending nuggu tim Damkar aja :-D. Katanya sih teknik memadamkan api ini didapat dari Pramuka, tapi pastinya saya gak tahu karena dulu zaman sekolah pasti bolos kalau ada ekstra Pramuka :-D

Itulah beberapa hal yang bisa memadamkan api selain air. Tingkat keberhasilan memadamkan api tergantung seberapa besar api tersebut, bila api yang mau dipadamkan sebesar api yang sering membakar pemukiman padat seperti di Jakarta mending gak usah daipadamkan dengan cara diinjak, karena bukan apinya yang [adam malahan bisa jadi kamu yang padam :-D. Sekian dan Terimakasih.

Wassalamualaikum,...

0 Response to "INILAH YANG BISA MEMADAMKAN API SELAIN AIR"

Posting Komentar