Desember Nanti, Beli Kartu SIM Wajib Tunjukkan KTP

Sebuah smartphone Tanpa karu sim, tentu saja masih bisa melakukan berbagai kegiatan yang membutuhkan konektifitas internet melalui jaringan nirkabel Wi-Fi, tapi kegunaan utama sebuah perangkat mobile adalah bisa digunakan di tempat manapun tanpa harus bergantung pada jaringan sempit seperti Wi-Fi. Kartu sim merupakan nyawa bagi sebuah telepon genggam untuk melakukan konektifitas dan komunikasi.

Seringkali kita bergonta-ganti kartu Sim untuk memenuhi kebutuhan dari yang penting, misal membeli kartu sim dengan paket kuota unternet, atau untuk kegiatan iseng dengan cara mengerjai teman menggunkan nomor kartu baru, samapi ada pihak yang melakukan tindak tak terpuji dengan melakukan intimidasi atau penipuan terhadap orang yang tak bersalah.


Baca juga : Membuat Sendiri Stand Hp Dari Bekas Kartu Sim


Beli Kartu SIM Wajib Tunjukkan KTP
Kartu Sim (Foto: tekno.kompas.com)

Selama ini, registrasi kartu sim prabayar dilakukan oleh pembeli dengan cara mengirim pesan ke 4444. Namun, cara tersebut nayatanya terlalu longgar sehingga banyak pembeli yang asal menuliskan nama, alamat, dan tanggal lahir. Kelonggaran tersebut dinilai sangat berkontribusi terhadap munculnya SMS spam (pesan singkat yang mengganggu) dan biasanya berisi penipuan. Dengan menertibkan proses registrasi prabayar, diharapkan hal seperti itu akan berkurang. 

Mulai 15 desember 2015 nanti, semua orang yang ingin membeli kartu sim harus menunjukkan KTP atau kartu identitas lainnya seperti SIM, Parport, ataupun kartu keluarga yang berguna untuk pengisian data secara valid dan benar. Setiap pembeli SIM card baru, registrasinya dilakukan oleh petugas operator yang sudah diberi identitas sehingga semua nomor (yang dibeli) bisa ditelusuri. Saat ini, semua operator masih dalam proses penyelesaian aplikasinya masing-masing.


Baca juga : Membuat Pengecas (Charger) USB Nokia


Kebijakan baru tersebut sudah disepakati oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama operator dan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) untuk memulai penertiban tanggal 15 Desember 2015 nanti. Artikel ini ditulis dari berbagai sumber di internet. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "Desember Nanti, Beli Kartu SIM Wajib Tunjukkan KTP"

Posting Komentar